1. KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata
ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya,
pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat
seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan
seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah
lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang
mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama
bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah
dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan
aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise
Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris
pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian
menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama
Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita
Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri
perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu
mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai
alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan
sebagai komputer.
2. JENIS
Sekalipun demikian, definisi di
atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu
atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat
mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung
yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua
komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi
oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang
dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan
kita ciptakan pada masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam
suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena
mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih
awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat
bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang
mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama
mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di
seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak
detail periode ini.
3. KOMPUTER BENAM
Pada sekitar 20 tahun
yang lalu , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari
permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset
video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan
alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti
komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan
bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam
chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer
maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau
"komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang
membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah
pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih
besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa
diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik.
Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah
macam utama komputer yang mendapat definisi ini.
4. KOMPUTER PRIBADI
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Komputer pribadi
Komputer
pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang
dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak
akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saja
yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang
lebih spesifik dan tepat.
5. CARA KERJA KOMPUTER
Saat
teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara
dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah
perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer
kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada
awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann
menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan
Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara
kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
[sunting] Memori
modul memori RAM
Di
sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau
"lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi.
Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer
apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan
komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi
salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian
menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai
angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan
(encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah
angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai
angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode
pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa
disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori
bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan
sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali,
daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran
masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke
komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara
hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa
(dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks
magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan
transistor di atas satu chip silikon.
6. PEMPROSES
Unit
Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan untuk
memproses perintah yang diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya
bersama data-data yang ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan
juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storage untuk
melaksanakan instruksi yang saling terkait.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.
Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika
dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern,
kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated
Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat
yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika
(tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR,
NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak
dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang
sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah saat ini yang dilakukan
oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapatkan
kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan
perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang
sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol pembacaan instruksi program
komputer.
[sunting] Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer
mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di
sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada
berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk
drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak,
pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa
ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke
dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital.
Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti
oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital
adalah contoh sistem pengolah data.
7. INSTRUKSI
Perintah yang
dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer
hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan
dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah
"menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi
sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999
adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili
dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi
001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh
komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam
praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara
langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat
tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara
otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin,
seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti
Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan
sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
8.ARSITEKTUR
Komputer
kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu
yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori
komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat
UPS. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah
ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat
I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas
di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang
bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai
sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah
berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah
menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara
prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data
dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah
berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
9.PROGRAM
Program
komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer,
barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi
jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali.
Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa
melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak
mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan
perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana
yang diatur oleh orang pandai, pemrogram. "Programmer Baik
memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya,
menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu
tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer
kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya
diserahkan ke sebagai tugas ganda. Pada kenyataannya, UPS melakukan
perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih
ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang
kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini
menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan
dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film
adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah
program yang biasanya menguasai kali ini membagikan.
10. SISTEM OPERASI
Sistem
operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika
semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-ragam
program komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram (programmer)
akhirnya memindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi,
menentukan program mana yang akan dijalankan, kapan, dan alat yang mana
(seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga
memberikan layanan (service) kepada program lain, seperti kode yang
membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa
perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung pada
komputer.
11. PENGGUNAAN KOMPUTER
Anak-anak sedang belajar penggunaan komputer bersama sang guru.
Komputer
digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar
untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya digunakan untuk
mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain
untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri),
menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen
akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada
Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari
satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan
akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi
pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu
proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam
kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama,
Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal
juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur,
memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan
perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak
koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh
manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris.
Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai
komputer untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat
mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis,
organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil
untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer
kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil
di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan
penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer
yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk
menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan
lain berulang matematika dengan lembatang sebar, berhubungan dengan
e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah
customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus,
komputer kecil, biasanya dengan mengatur memrogram, mulai menemukan
cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat
terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai
kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol
yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di
mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik,
kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi
pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan
bahwa ini cenderung kepada akan terus.
12. BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
A. Perangkat keras
Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
Hard drive, media penyimpanan semi permanen
Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
Perangkat
keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran
pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
B. Perangkat lunak
Sistem operasi
Program
dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware
komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan
Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur
eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan,
memori, serta instalasi software.
Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
13. SLOT PADA KOMPUTER
ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
USB,
slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya
perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat
digunakan)
14. JENIS KOMPUTER
Komputer analog
Komputer pulsa
Mikrokomputer
Komputer rumah (home computer)
Komputer pribadi (PC)
Server
Minikomputer
Mainframe computer
Superkomputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar